3 Standar Customer Service Untuk Kamu yang Mempunyai Toko Online



Menjalankan #bisnis online memang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, selain bisa meraup keuntungan berlipat-lipat, berbisnis secara online bisa membuat kita termudahkan dalam segala urusan. Kemudahan memang menjadi prioritas dalam bisnis online yang ternyata bisa dinikmati oleh kedua belah pihak, baik itu oleh pihak penjual maupun pembeli. Inilah yang menjadi keunggulan bisnis online yang membuat usaha berbasis internet ini menjadi marak dan merajalela.

Namun meski terlihat sangat mudah dan menyenangkan, ada beberapa hal dari bisnis online yang perlu dicermati dengan seksama karena di dalamnya memegang peranan yang pentig dan krusial untuk mendatangkan penjualan. Salah satu bagian dari hal yang sering membuat sulit para pebisnis online ini adalah bidang pelayanan oleh customer service.
Pelayanan memang merupakan salah satu hal yang krusial bagi semua bisnis. Dengan pelayanan yang baik maka peluang pebisnis mendatangkan penjualan akan semakin besar. Dan sebaliknya semakin buruk pelayanan maka semakin sulit pula bisnis akan maraih pembeli dan meningkatkan penjualan.
Lalu seperti apakah standar pelayanan customer service dari sebuah toko online? Simak Ulasannya dibawah ini.
1. Memberikan Kemudahan Informasi
Standar customer service yang pertama dalam bisnis online adalah kemudahan informasi. Informasi memang merupakan hal utama yang seringkali dibutuhkan oleh customer. Saat customer mendapatkan informasi yang dibutuhkan, maka mereka akan merasa senang dan puas.
Dan saat customer ini merasa senang dan puas, mereka akan menjadi pelanggan Anda yang akan terus membeli produk Anda secara terus menerus. Tentu saat hal ini terjadi, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari banyaknya penjualan yang terjadi.

2. Konfirmasi Jangka Waktu Pengiriman
Dalam bisnis online barang memang tidak bisa langsung diterima dan dinikmati oleh pembelinya. Ini karena barang yang dibeli secara online membutuhkan waktu pengiriman hingga sampai ke tangan konsumen.
Nah dalam hal pengiriman barang ini Anda harus membuat layanan customer service yang baik dengan cara konsisten dengan apa yang telah ditentukan. Dalam hal ini Anda bisa saja memberikan pilihan jangka waktu pengiriman di awal check-out beserta harganya. Dengan begitu konsumen dapat mengetahui dengan pasti kapan barang pesanan mereka akan datang.
Jangan pernah membuat mereka menunggu terlalu lama dengan keterlambatan waktu pengiriman. Ini karena jika konsumen merasa tidak puas, maka kredibilitas bisnis online Anda pun akan dipertaruhkan.
3. Kualitas Layanan Customer Service Anda
Jika Anda bisa buat layanan call center customer service yang bisa melayani konsumen sepanjang hari dan sepanjang waktu itu akan sangat baik. Namun jika Anda merasa tidak mampu, Anda tidak boleh memaksakan diri dengan membuat call center 24 jam/7 minggu. Anda bisa saja membuat layanan call center ini paruh waktu namun Anda harus menjelaskan waktu-waktu pelayanan call center tersebut kepada pengunjung dengan jelas.
Misalnya kami melayani call center pada  jam 9-15 WIB saja. Jangan lupa juga dalam layanan call center ini Anda harus bisa berkomunikasi dengan sopan dan baik. Ucapkan juga salam dan sapa konsumen dengan sapaan yang hangat.
Tekniknya sangat simple, namun jika diterapkan dengan benar dan konsisten maka akan sangat berdampak kepada penjualan online anda.
Mungkin itu saja tips dari ommeong.com untuk Standar Customer Service Toko Online. 
Semoga Bermanfaat.

No comments